Kegiatan Sosialisasi dan Praktek Makanan Bergizi dalam Penanggulangan Stunting

22 November 2023
Administrator
Dibaca 64 Kali
Kegiatan Sosialisasi dan Praktek Makanan Bergizi dalam Penanggulangan Stunting

Kegiatan sosialisasi stunting dan praktek makanan bergizi dalam penanggulangan stunting dilaksanakan di aula kantor Negeri Hative Besar pada hari rabu, 22 November 2023. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pemerintahan Negeri Hative Besar, Kader posyandu, dan masyarakat. Kegiatan ini dibuka oleh Pemerintah Negeri Hative Besar yang diwakili oleh Ibu Ave Lawansuka selaku kasie kesejahteraan. Dalam arahannya mengatakan bahwa angka stunting masih ada di Negeri Hative Besar, ntuk itu diharapkan angka stunting bisa menyentuh kata tidak ada dengan adanya kegiatan sosialisasi ini. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan agar kita lebih mengenal  stunting lebih dekat dan dapat melakukan pencegahan.

Kegiatan ini merupakan salah satu program dari KKN Hative Besar Universitas Pattimura Angkatan L Gelombang I Tahun 2023/2024. Narasumber yang menjadi pengisi di kegiatan ini ialah dr. Muhammad Yusuf Makkaraeng A.M. Dalam penjelasan materi yang disampaikan dikatakan bahwa stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak dikarenakan kekurangan gizi kronis atau infeksi yang terjadi secara berulang terutama dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan. Penyebab stunting adalah berbagai faktor, yaitu rendahnya asupan nutrisi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan, kurangnya asupan makanan bergizi, infeksi yang berulang serta buruknya sanitasi. Adapun dampak yang disebabkan oleh stunting, yaitu anak akan terlihat pendek dari anak seusianya, serta pada saat dewasa anak rentan terkena penyakit tidak menular seperti jantung, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, untuk pencegahan stunting kita mengenal istilah ABCD. A, aktif minum tablet tambah darah. B, bumil teratur periksa kehamilan. C, cukupi konsumsi protein hewani. D, datang ke posyandu setiap bulan. E, ekslusif ASI 6 bulan.

Setelah kegiatan sosialisasi, dilakukan pemutaran video untuk pengenalan produk nugget ikan dan pembagian produk nugget ikan sebagai salah satu upaya agar anak-anak lebih suka untuk mengkonsumsi ikan.