Musyawarah Negeri Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKPDes) Tahun 2025 Negeri Hative Besar

11 Oktober 2024
Administrator
Dibaca 32 Kali
Musyawarah Negeri Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKPDes) Tahun 2025 Negeri Hative Besar

Musyawarah Negeri Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKPDes) Tahun 2025 Negeri Hative Besar Kecamatan Teluk Ambon Kota Ambon yang diselenggarakan pada 09 oktober 2024 bertempat diaula kantor Pemerintah Negeri Hative Besar. Musyawarah Negeri Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKPDes) Tahun 2025 di hadiri oleh Intansi terkait Pemerintah Kota Ambon antara lain, Dinas P3AMD, Bappeda Litbang, Kepala Kecamatan Teluk Ambon, Pemerintah Negeri, Badan Saniri Lengkap, Tokoh Agama, PKK, Kader Posyandu, Forum Anak, Pendamping Tenaga Ahli  Kota Ambon, Pendamping Desa, Unsur masyarakat RT/RW.

Musyawarah Negeri Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKPDes) Tahun 2025 Negeri Hative Besar merupakan cikal bakal penyusunan program yang di angkat dari tingkatan RT, hasil musyawarah RT ditingkatkan ke musyawarah tingkat Dusun dan disimpulkan di musyawarah tingkat negeri.

Dalam arahan Penjabat kepala Pemerintahan Negeri Hative Besar, ERICK. V.I. VAAN ROOM, S.Pi mengatakan bahwa musyawarah negeri ini adalah sebuah proses demokrasi yang menghadirkan unsur terkait dan semua komponen untuk ada dalam proses musyawarah, dimana kita melihat semua persolan atau dinamika yang terjadi, kemudian kita merancang kegiatan untuk bisa memanilisir dan menjawab semua kebutuhan dari persolan yang ada di negeri hative besar. musyawarah perencanaan kerja pemerintah sebagaimana diamatkan dalam permendes no 21 tahun 2020 dianggap penting karena kita melihat itu dari tingkatan bawah RT yang telah berlangsung. Harapan Pj Kepala Pemerintahan Negeri Hative Besar bagi para peserta musyawarah agar dapat memberikan kontribusi, ide dan gagasan yang bisa diusulkan untuk sebuah program yang urgensi yang medasar, yang sangat penting untuk diangkat untuk menjawab semua persoalan yang ada di negeri hative besar. Erick mengatakan bahwa setelah kurang lebih 2 bulan berada di Hative Besar banyak dinamika yang terjadi, hative besar mempunyai banyak potensi yang perlu di kembangkan antara lain sektor pariwisata salah satunya monumen ambon city of music yang perlu di kembangkan dan juga pengembangan UMKM disekitar monumen tersebut. Erick juga menyampaikan bahwa penggunaan dana desa juga ada 3 hal penting yang perlu di perhatikan yang diturunkan dari pemerintah pusat antara lain :

1. anggaran dikelola untuk kepentingan kesehatan

2. untuk kepentingan SDM

3. Untuk pemberdayaan masyarakat

Hal-hal mendasar yang perlu diperhatikan dalam kegiatan musyawarah perencanaan kerja pemerintah negeri hative besar

Pj KPN Hative Besar, mengucapkan terima kasih kepada para pemateri, kepala kecamatan teluk ambon dan semua yang sudah hadir dalam musyawarah pada hari ini, pungkas ERICK V.I. VAAN ROOM

Musyawarah Negeri Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKPDes) Tahun 2025 Negeri Hative Besar di buka secara resmi oleh Kepala Kecamatan Teluk Ambon, Agustinus O. Pattikawa, S.Sos. yang dalam sambutan mengharapkan agar dalam kegiatan ini bisa menjawab semua usulan-usulan program dari masyarakat baik itu di tinggkat RT dan RW/Dusun. Kiranya penggunaan anggaran dapat sesuai peruntukan baik itu ADD, DD dan PAD sesuai kebutuhan yang masyarakat inginkan, jangan digunakan untuk kebutuhan kelompok maupun untuk kebutuhan pribadi tetapi bagi masyarakat dan demi kemajuan Negeri Hative Besar kedepan.

Musyawarah Negeri Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKPDes) Tahun 2025 Negeri Hative Besar diberikan materi oleh narasumber

1. ERWIN AJI - Bapedda Litbang Kota Ambon (Materi - Arahan Kebijakan Pembangunan Kota Ambon Tahun 2025

2. MARKUS PATTY - DP3AMD Kota Ambon (Materi Perencanaan Pembangunan tahun 2025)

3. BARIA NGADJI - TAPM Kota Ambon (Materi Penyusunan RKP Desa/Negeri