Rembuk Stunting Negeri Hative Besar Tahun 2024

19 Juli 2024
Administrator
Dibaca 39 Kali

Pemerintah Negeri Hative Besar Kecamatan Teluk Ambon Kota Ambon melaksanakan agenda rutin yaitu Rembug Stunting tingkat Negeri sebagai forum musyawarah antara kader kesehatan, PAUD, masyarakat De dengan pemerintah Negeri dan Saniri untuk membahas berbagai program pencegahan dan penanganan masalah kesehatan di Negeri khususnya stunting dengan mendayagunakan sumber daya pembangunan yang ada di Negeri. Kegiatan yang berlangsung di Balai Pertemuan Negeri Hative Besar dengan agenda yang dibahas dalam Rembug stunting ini meliputi:

  1. Kebijakan dan peranan pemerintah Negeri dalam upaya penanganan Stunting;
  2. Panduan fasilitasi konvergensi penurunan Stunting di Negeri;
  3. Penyampaian Laporan Konvergensi Stunting;
  4. Diskusi terarah terkait program usulan intervensi pencegahan Stunting;
  5. Pembahasan dan penyepakatan usulan kegiatan prioritas intervensi gizi spesifik dan sensitif berdasarkan persentasi laporan hasil konvergensi pencegahan Stunting di Negeri Hative Besar.

Camat Teluk Ambon, Agustinus O. Pattikawa, S.Sos, dalam sambutan arahannya saat pembukaan mengharapkan pemanfaatan dana desa untuk penanganan stunting dapat dimulai dari pemetaan sasaran secara partisipatif terhadap warga Negeri yang terindikasi yang perlu mendapat perhatian dalam penanganan stunting oleh Kader Pemberdaayan di Negeri. Selanjutnya lewat Rembug Stunting Negeri, seluruh pemangku kepentingan di Negeri merumuskan langkah yang diperlukan dalam upaya penanganan stunting termasuk berkerja sama dengan dinas layanan terkait, tambahnya.

Rembuk Stunting merupakan salah satu rangkaian pramusyawarah negeri untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) negeri tahun berikutnya, dan juga menjadi amanat Pemerintah Pusat kepada Pemerintah negeri agar memprioritaskan penggunaan dana desa untuk pencegahan dan penanganan stunting.

Tujuan dari Rembuk Stunting ini adalah hasil analisis situasi dan rancangan rencana kegiatan intervensi penurunan stunting terintegrasi dan komitmen dalam kegiatan pencegahan dan penurunan stunting terintegrasi.

Narasumber yang di hadirkan dalam kegiatan ini yaitu
1. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak & Masyarakat Desa (Ibu Meggy M Lekatompessy, SSTP, M.Si)
2. Kepala Puskesmas Tawiri (dr. Hasni Arusad, MARS)

#RembukStunting
#CegahStunting